Pedaran kidung rahayu sunan kalijaga

Pedaran kidung rahayu sunan kalijaga
SAWABING NABI WALI

Ana kidung rumeksa ing wengi ,
teguh ayu luputa ing lara luputa bilaine kabeh,
jin setan datan purun , paneluhan tan ana wani,
miwah panggawe ala gunane wong luput,
geni atemahan tirta,
maling adoh tan ana ngarah ing kami guna duduk pan sirna
artinya :
Ada tembang menjaga malam,
menjadi kuat tak kena sakit,
jauh dari semua cobaan,
jin setan tak bakal mau mendekat
teluhpun tak bakal berani,
apalagi kiriman dari orang jahat,
ibarat api tersiram air,
maling tak ada dan guna guna akan hilang.

Sakehing lara pan samya bali , sakehing ama sami miruda welas asih pandulune sakehing braja luput , kadi kapuk tibanireki sakehing wisa tawa, sato kurda tutut ,kayu aeng lemah sangar , songing landak ,guwaning mong lemah miring myang pakiponing merak
artinya :
semua penyakit akan berpulang (penyakit kiriman), semua hama akan mereda (bagi petani), yang ada hanya kasih sayang, semua guna guna meleset, seperti kapas yg jatuh, hewan buas jinak, kayu dan tempat angker, gua tempat landak bertempat di tanah yg miring, menjadi tempat merak main (kekipu ?).

Gunung gunture kagiri-giri ,sagara agung datanpa sami pan sampun kawruhan reke ,Artadaya puniku ,datan kena cinakreng budi,ingkang sampun waspada ing kuwasanipun angadeg tengahing jagad,wetan kulon lor kidul ngandap lan nginggil ,kang murba kang misesa
artinya :
Halilintar menyambar nyambar, ombak besar tak terperi, sudah mengerti sekarang bahwa artadaya itu tidak bisa ditebak, yg sudah melihat akan dirinya, berdiri di tengah dunia, antara timur barat, utara selatan, maupun bawah dan atas, yang berkuasa sepenuhnya.

Sagara gunung nyang bumi langit ,lawan ingkang amengku buwana .kasor ing Artadayane ,sagara sat lan gunung guntur sirna guwa pesagi,sapa wruh Artadaya ,dadya teguh timbul.dadi paliyasing aprang,yen lelungan kang kepapag wedi asih ,sato galak suminggah
artinya :
Lautan dan gunung sampai bumu langit juga yg menjaga dunia, kalah dengan Artadaya, lautan kering dan gunung guntur menjadi sirna, siapa yg tahu Artadaya menjadi teguh kuat, menjadi panglima di peperangan, kalau bepergian akan dikasihi oleh orang yg ketemu, hewan liar akan kembali ke kandangnya.

Jin prayangan pada wedi asih ,wedi asih sagunging drubiksa rineksa siyang dalune,ingkang anempuh lumpuh ,tan tumama mring awak mami,kang nendya tan raharja ,sadaya linebur sakehing kang nedya ala,larut sirna kang becik basuki,kang sinedya waluya
artinya :
Jin jahat menjadi asih, asih juga semua bergasakan malah menjaga siang dan malam, yang berniat jahat menjadi lumpuh, tidak kena pada diriku, yang berniat tidak baik, menjadi lebur bagi semua yang berniat jahat, larut hilang menjadi baik dan selamat, yang diniatkan hanya selamat/hidup lagi/sembuh (waluya = jadi sehat, hidup lagi)

Gunung guntur panglebur guweke sagara sat begawan syuh sirna ,kang wruh Artadaya reke ,pan dadi teguh timbul kang jumeneng manusa jati,ngadeg bumi sampurna ,Hyang Sukma sih lulut ,kang manusa tan asiha ,Sang Hyang Tunggal parandene wedi asih ,Hyang Asmara mung raga
artinya :
Gunung dan halilintar maupun lautan yg kering menjadi sirna oleh begawan yang mengetahui artadaya, menjadi kuat dan menang sebagai manusia sejati, berdiri di atas bumi yg damai, Hyang sukma mengasihi apalagi manusia, Sang Hyang Tunggal menjadi asih, keduniawian terlaksana (Hyang Asmara menuruti raga).

Pagupakaning warak sakalir ,nadyan arco myang segara asat satemah rahayu kabeh ,dadi sarira ayu ,ingederan mring widadari ,rinekseng malaekat ,sakatahing rasul ,pan dadi sarira tunggal ,ati Adam utekku Bagenda Esis pangucapku ya Musa
artinya :
Semua wujud yang menjijikan (pagupakan warak = tempat berkubangnya warak), walau dari gunung sampai laut yang kering, menjadi selamat semua, menjadi badan yang cantik, dikelilingi bidadari, dijagai malaikat, semua rasul, menjadi satu (manunggal), hati saya bagai Adam, otakku baginda ndin dan ucapanku adalah Musa

Napasingsun Nabi ‘Isa luwih, Nabi Yakub pamiyarsaningwang Yusuf ing rupaku mangke, Nabi Dawud swaraku ,Hyang Suleman kasekten mami Ibrahim nyawaningwang ,Idris ing rambutku , Bagenda ali kulitingwang ,Abubakar getih ,daging Umar singgih ,Balung Bagenda Usman*
artinya :
Napasku terdapat Nabi Isa yang agung, penglihatanku Nabi Yakub, wajahku nabi Yusuf, Suaraku nabi Daud, kesaktianku nabi Sulaiman, Nabi Ibrahim nyawaku, Nabi Idris di rambutku, kulitku Baginda Ali, berdarah abubakar daging Umar, tulang Baginda Usman.

Sumsumingsun Fatimah linuwih, Sitti Aminah buyungingangga,Ayub minangka ususe, sakehing wulu tuwuh ing sasira tunggal lan Nabi ,cahyaku ya Muhammad .pandulu Rasul, pinayungan Adam syara,sampun pepak sakatahing para nabi ,dadi sasira tunggal
artinya :
Sungsumku Fatimah, Siti Aminah ibu biologis, ayub adalah ususnya, semua bulu/rambut yang tumbuh menjadi satu dgn nabi, cahayaku /aura adalah Muhamad, berpenglihatan Rasul, dipayungi oleh Adam Sara, sudah lengkap semua para nabi, menjadi satu/manunggal dengan ku.

Wiji sawijine mulane dadi pan apencar dadya isining jagad kasamadan dening Dzate,kang maca kang angrungu,kang anurat ingkang nimpeni ,rahayu ingkang badan ,kinarya sesembur,winacakna ing toya,kinarya dus rara tuwa gelis kaki,wong edan dadi waras
artinya :
Permulaan semua biji bisa menjadi tanaman, dipisah pisahkan supaya menjadi isinya bumi, disitulah terdapat Dzatnya, yang membaca maupun yg mendengar, yang tersirat dalam mimpi, menjadikan badan selamat, bila dipakai untuk disemburkan, dibacalah pada air, untuk mandi orang yg sakit cepat sembuh, orang gila menjadi waras.

amun arsa tulus nandur pari ,puwasana sawengi sadina iderana galenganane,wacanen kidung iku,akeh ama tan ana wani miwah yen ginewa prang wateken ing sekul ,antuka tigang pulukan,mungsuhira lerep datan ana wani,teguh ayu payudan
artinya :
Bila ingin menanam padi supaya berhasil, puasalah semalam sehari, putarilah pematangnya, dengan membaca kidung ini, semua hama tak berani mendekat, bila akan berangkat perang, bacalah pada nasi, dimakan 3kali masukan (pulukan/sekepalan), musuh menjadi takut, kuat dan menang dalam perang.

Lamun ora bisa maca kaki ,winawera kinarya jejimat,teguh ayu panemune,lamun ginawa nglurug ,mungsuhira datan udani,luput senjata uwa,iku pamrihipun,sabarang pakaryanira pan rineksa dening Hyang Kang Maha Suci,sakarsane tinekan
artinya :
Bila tidak bisa membaca, pakailah sbg sabuk untuk jimat, kuat dan selamat semuanya, bila dibawa maju perang, musuh tak ada yg tahu, luput dari senjata itu tujuannya, semua pekerjaanmu, diberkahi oleh Hyang Maha Suci , semua kehendak kesampaian.

Lamun ana wong kabanda kaki ,lan kadenda kang kabotan utang ,poma kidung iku bae,wacakna tengah dalu ,ping salawe den banget mamrih luwaring kang kabanda,kang dinenda wurung ,dedosane ingapura,wong kang utang sinawuran ing Hyang Widdhi,kang dadi waras
artinya :
Bila ada orang yg terlilit hutang dan kena denda, sebisa bisanya membaca kidungan ini, bacalah ditengah malam 25 kali dengan kusyuk, supaya terbebas dari jeratan hutang, yang didenda batal, dosanya diampuni, orang yang hutang diberkahi oleh HyangWidhi, menjadikan semua penyakit menjadi sehat.

Sing sapa reke arsa ngelakoni ,amutiha lawan amawas patang puluh dina bae,lan tangi wektu subuh lan den saba sukuring ati ,insya Allah tinekan sakarsanireku ,nyawabi nakrayatira saking sawab ing ‘ilmu pangiket mami,duk aneng Kalijaga.
artinya :
Barang siapa yang mau melakoni, mutih selama 40 hari saja, dan bangun waktu subuh, dan berhati yang syukur, insya Allah kesampaian semua kehendak, menjadi sawab yg baik bagi rakyatmu dari sawab/manfaat dari ilmu tinggalan saya ketika berguru pada Sunan Kalijaga.

Somahira ingaran panjari,milu urip lawan miluh pejah ,tan pisah ing sapurane paripurna satuhu,yen nirmala waluyajati ,kena ing kene kana,ing wusananipun ,ajejuluk Adimulya ,cahya ening jumeneng aneng artati,anom tan keneng tuwa
artinya :
Rumahmu dikatakan panjari (rumah cantrik), ikut hidup dan mati tak akan berpisah sampai akhir, bila berkenan akan berhasil di dunia dan di akhirat, sampai akhirnya bergelar adimulya, cahaya ening dalam artati, muda tak akan tua.

Tigalana kamulanireki ,Nilahening arane duk gesang ,duk mati Layangsuksmane,lan Sukama ngambareku,ing asmara morregajati durung derbe peparab duk rarene iku,awayah bisa dedolan aranana Sang Tyasjati Sang Artati,yeku Sang Artadaya
artinya :
Tinggalkan kemuliaanmu menuju hening dalam hidup, mengingat bila mati kehilangan sukma, Suksma yg melayang itu waktu waktu mabuk kepayang akan kesejatian selama itu belum bernama, selama masih bisa bepergian diberi nama Sang Tyasjati (hati yg sejati), yaitulah sang Artadaya.

Dadi wisa mangkya martani,lamun amarta temah amisaya marma Artadaya rane,duk lagya aneg gunung ,ngalih nara Asmarajati ,wayah tumekeng tuwa,eling ibunipun ,linari lunga mangetan, Ki Artati nurut gegiring Merapi wangsul ngancak Sundara
artinya :
Menjadi tersebar merata, bila terdengar kabar tentang Artadaya pada waktu di gunung, berganti nama Asmarajati, sampai tua teringat ibunya dan mencarinya dengan pergi ke timur, Ki Artati berjalan di punggung gunung Merapi mengarah ke gunung Sundara

Wiwitane duk nemu candi ,gegedongan reke kang wiprangkan ,sihing Hyang kabesmi mangke,tan ana janma kang wruh ,yen weruha purwane dadi ,candi sagara wetan ,ingobar karuhun ,kahyangane Sang Hyang Tunggal,sapa reke kang jumeneng mung Artati ,katon tengahing tawang
artinya :
Permulaannya menemukan candi yang serupa istana, atas ijin dari Allah dibakarlah candi itu, tak ada manusia yg tahu, kalau tahu permulaan candi itu bernama candi segara wetan, berkobar tak karuan, tempat Sang Hyang Tunggal itu, siapa sekarang yg masih berdiri, hanya Artati yang terlihat di angkasa

Gunung agung mengku bumi langit ,langit iku kuwasa rubuha,kang wruh Artadaya reke,gunung sagara guntur,tenung sirna kang mengku bumi langit buwana rusak .dadi kawruhipun muja madyaning awiyat ,mangasramamring gunung agung sabumi ,cecandi ing sagara
artinya :
Sesampainya di gunung agung, dalam penglihatan Artadaya langit seperti runtuh, gunung dan lautan halilintar, tenung sirna oleh yang mempunyai bumi langit ini, menjadi ilmu untuk berdoa di tengah malam, bertempat tinggal di gunung agung, dan mati di lautan (cecandi = kuburan).

Gunung gunture kagiri-giri ,sagara agung datanpa sami pan sampun kawruhan reke ,Artadaya puniku ,datan kena cinakreng budi,ingkang sampun waspada ing kuwasanipun angadeg tengahing jagad,wetan kulon lor kidul ngandap lan nginggil ,kang murba kang misesa
artinya :
Halilintar menyambar nyambar, ombak besar tak terperi, sudah mengerti sekarang bahwa artadaya itu tidak bisa ditebak, yg sudah melihat akan dirinya, berdiri di tengah dunia, antara timur barat, utara selatan, maupun bawah dan atas, yang berkuasa sepenuhnya.

Sagara gunung nyang bumi langit ,lawan ingkang amengku buwana .kasor ing Artadayane ,sagara sat lan gunung guntur sirna guwa pesagi,sapa wruh Artadaya ,dadya teguh timbul.dadi paliyasing aprang,yen lelungan kang kepapag wedi asih ,sato galak suminggah

Lautan dan gunung sampai bumu langit juga yg menjaga dunia, kalah dengan Artadaya, lautan kering dan gunung guntur menjadi sirna, siapa yg tahu Artadaya menjadi teguh kuat, menjadi panglima di peperangan, kalau bepergian akan dikasihi oleh orang yg ketemu, hewan liar akan kembali ke kandangnya.

Jin prayangan pada wedi asih ,wedi asih sagunging drubiksa rineksa siyang dalune,ingkang anempuh lumpuh ,tan tumama mring awak mami,kang nendya tan raharja ,sadaya linebur sakehing kang nedya ala,larut sirna kang becik basuki,kang sinedya waluya
artinya :
Jin jahat menjadi asih, asih juga semua bergasakan malah menjaga siang dan malam, yang berniat jahat menjadi lumpuh, tidak kena pada diriku, yang berniat tidak baik, menjadi lebur bagi semua yang berniat jahat, larut hilang menjadi baik dan selamat, yang diniatkan hanya selamat/hidup lagi/sembuh (waluya = jadi sehat, hidup lagi)

Gunung guntur panglebur guweke sagara sat begawan syuh sirna ,kang wruh Artadaya reke ,pan dadi teguh timbul kang jumeneng manusa jati,ngadeg bumi sampurna ,Hyang Sukma sih lulut ,kang manusa tan asiha ,Sang Hyang Tunggal parandene wedi asih ,Hyang Asmara mung raga
artinya :
Gunung dan halilintar maupun lautan yg kering menjadi sirna oleh begawan yang mengetahui artadaya, menjadi kuat dan menang sebagai manusia sejati, berdiri di atas bumi yg damai, Hyang sukma mengasihi apalagi manusia, Sang Hyang Tunggal menjadi asih, keduniawian terlaksana (Hyang Asmara menuruti raga).

Sagara agung amengku bumi ,surya lintang myang wong sabuwana ,wedi angidep sakehe,kang kuwasa anabut ,dadiya paliyasing prang dadi,paser panah sumimpang tumbak bedil luput ,liwat sakatahing braja,yen linakon adoh ing lara bilahi yen dipun apalena
artinya :
Lautan luas yang ada di bumi, matahari bintang juga manusia sedunia, semua menjadi takut, berkah atas kekuasaan, menjadi panglima pernag, paser panah tombak dan senapan tak kena, semua bahaya (pageblug) lewat, kalau dilakoni jauh dari sakit yg mematikan kalau dihapalkan.

Siyang dalu rineksa Hyang Widdhi ,sasedyane tinekan Hyang Suksma,kinedepan janma akeh ,karan wikuning wiku ,wikan liring puja samadi tinekan sadyanira,kang mangunah luhung peparab Hyang Tigalana,ingkang simpen kang tuwajuh jroning ati ,adoh ingkang bebaya*
artinya:
Siang malam dijaga oleh Allah, semua keinginannya terkalbul, menjadi pemimpin, juga disebut kepala para wiku, mengetahui semua hal tetntang samadi, kesampaian tujuannya, yg mengerti akan keluhuran bergelar Hyang Tigalana (berkuasa atas tiga dunia), bila disimpan dalam hati, menjauhkan dari bahaya.

Sakehing wisa tan ana mandi ,sakehing lenga datan tumama,lebur muspa ilang kabeh ,duduk tenung pan ayu ,taragnyana tan ana mandi ,sambang dengen suminggah samya lebur ,larut ingkang sedya ora teka,ingkang teka ora nedya iku singgih ,lebur sakehing wisa
artinya :
Semua bisa menjadi tawar, semua minyak tak menempel, lebur hilang semuanya, tenung jahat menjadi baik, kutukan tak ada yg jadi, semua yg jahat akan kembali menjadi lebur, yg berniat jahat batal, yg datang berniat baik, hilang semua bisa yg mematikan

Yen kinarya atunggu wong sakit ,ejin setan datan wani ngambah rinekseng malaikate,nabi wali angepung sakeh ama pada sumingkir ,ingkang sedya mitenah,miwah gawe dudu,rinusak marang Pangerane ,iblis lak’nat sato mara ,mara mati tumpes sadaya
artinya :
Kalau dibawa menunggui orang sakit, jin setan tak berani mendekat karena dijaga oleh malaikatnya, dikepung oleh nabi dan wali, aemua hama akan pergi, yg berniat memfitnah yg bukan bukan akan dirusak oleh Tuhan, iblis jahat yang datang akan mati semuanya.

Iklan

~ oleh sanusiz pada Mei 7, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: