sejarah sihir

ilmu sihir

Definisi sihir
Secara bahasa sihir memiliki beberapa makna, diantaranya: as-shorf (memalingkan), al-istimaalah (menarik perhatian), al-bayan wal fashohah ( kefasihan dan keindahan tutur kata), al-khofa’ ( tersembunyi ), al-akhdzah ( mengambil/menguasai ), al-khida’ ( tipuan ). Secara istilah sihir adalah: Ilmu yang tersembunyi dan  abstrak yang dipraktekan oleh orang-orang jahat dengan tujuan menipu dan mencelakai orang lain, dengan bantuan setan, melalui perbuatan-perbuatan maksiat, atau melalui jampi-jampi, mantara-mantra dan jimat.

Okultis dan esoteris, seperti Orde Hermetik dari Golden Dawn , telah berteori bahwa sihir Mesir kuno adalah sumber utama untuk praktek sihir dan ide-ide Barat. Karena kita tahu bahwa Hermetica dan Neo-platonis sihir memiliki pengaruh besar pada tradisi magis di Eropa, penyelidikan ke dalam hubungan yang mungkin antara ide-ide magis Mesir dan Yunani akan berguna dalam mengeksplorasi kebenaran klaim okultis ‘. Makalah ini berfokus pada satu set teks kuno, Papirus Magical Yunani, yang menawarkan potensi besar untuk menyelidiki hubungan ini.

PGM (Papryi Graecae Magicae)  adalah nama yang diberikan ke cache dari mantra-mantra magis papryi dikumpulkan oleh Jean d’Anastaisi pada tahun 1800 di Mesir awal. Hans Deiter Betz, dalam pengantar untuk terjemahan bahasa Inggris terbaru, berspekulasi bahwa papirus mungkin telah ditemukan di sebuah makam atau kuil perpustakaan dan papirus terbesar mungkin telah koleksi satu orang di Thebes. Namun, asal tepat untuk PGM tidak diketahui. Betz menyatakan bahwa melalui sumber-sumber sastra diketahui bahwa cukup banyak buku magis mantra dikumpulkan di zaman kuno, yang sebagian besar hancur . Dengan demikian, PGM adalah sumber yang sangat penting untuk informasi tangan pertama tentang praktek-praktek magis di Mediterania kuno.

Tentang sihir kuno.

Sihir adalah seni kuno dengan ribuan tahun sejarah dan banyak sisi. Keajaiban kata itu sendiri telah memiliki asosiasi begitu banyak selama berabad-abad bahwa itu tidak cukup lagi untuk mengatakan Anda seorang penyihir. Anda perlu menentukan apa jenis penyihir Anda. Selama seratus tahun terakhir sejumlah label telah menjadi semakin populer di dunia Barat, seperti Golden Dawn, Enochian, Chaos, Voodoo, Tinggi Rendah dibandingkan, Upacara, Ritual, Mesir, Thelemic, dan banyak orang lain [‘label’ Sihir Sistem] yang tersedia bagi Anda untuk memilih dari. Banyak dari mereka moniker yang modern dan menyampaikan pemahaman dan pandangan tentang sihir yang berbeda dari apa yang dahulu diyakini dan dipraktikkan sebagai kerajinan mereka kebijaksanaan. Ide bahwa ada berbagai tradisi dan pendekatan untuk sihir berakar dalam sejarah. Namun demikian, pendekatan dan teknik magis di seluruh dunia berbagi kesamaan luar biasa bahkan ketika parameter budaya, label, dan filosofi tertentu berbeda. Salah satu tradisi magis tertua dan paling berpengaruh di seluruh dunia adalah salah satu yang muncul dari panci mencair peradaban di Mediterania dan Timur Tengah . Ini memberi kami Sabian, Kaldea, Hermetik, Ibrani, Syria, Koptik, Mesir, Yunani, dan sistem Arab sihir, yang dahulu dipandang sebagai salah satu kerajinan dengan banyak master. Ini adalah mengapa pendekatan magis Kasdim dapat dilihat dalam menulis okultisme Yahudi dan mengapa penyihir Arab berbicara tentang tuannya Hermes dan mengapa Mesir-Yunani papirus Mesir campuran, Ibrani, dan nama-nama Ilahi Yunani bersama-sama dalam satu mantera. Sihir adalah sihir, tumbuh dan berkembang, namun satu kerajinan. Selama ratusan tahun, kombinasi dan pertukaran antara mereka akhirnya bersatu disiplin untuk membentuk air mancur tunggal yang saat ini feed sungai banyak okultisme di seluruh dunia.

Sastra Arab magis adalah inkarnasi terakhir dari mereka murni teknik kuno. Ini meminjam banyak dari peradaban sebelumnya dan diawetkan atau disintesis berbagai sistem operasi ke dalam satu sistem terpadu. Sementara melakukannya, penyihir Arab berusaha untuk kredit berbagai sekolah sihir dan pengaruh mereka. Ini memberikan kami hari ini snapshot jelas dan berharga dari berbagai filosofi magis mendahului mereka dan beberapa pikiran yang masuk ke beberapa hal yang penyihir modern yang mengambil untuk diberikan.

Wicca adalah bagian dari cabang agama Pagan, dan Wicca ini adalah Neo – Pagan = Modern pagan religion, dan Wicca juga mengadopsi dan rekuntrusi dari beragam kepercayaan kuno agama pagan dalam struktur teologis, kepercayaan daulism dan praktek ritual.
Jika pagan lebih ke arah untuk merujuk kepada tradisi keagamaan yang politeisti. Awalnya dari para filusuf – filusuf bro, sangat berkaitan dengan filsafat ..

Karena Pagan filosofinya kepercayaan jaman leluhur yang serba alami. Mereka banyak menggunakan herbs, utk membuat talisman atau potions tertentu. Tidak usah ambil pusing sama banyak jenis herbal yang namanya aneh – aneh. Kita ambil contoh yang normal :
bambu kuning : itu fungsinya proteksi dari energi negative maupun gangguan gaib.

Jika agan ingin mengetahui lebih banyak jenis macam herbs, agan bisa liat di : http://www.unc.edu/~reddeer/magick/herb.html
favorite saya sih pakai daun sage, untuk meningkatkan psyhic / membooster energi, bisa dibilang sih ini herbs multifungsi. Bisa , cukup mudah ditemui disupermarket.. Biasanya ini daun buat masakan Italy

Ibrani, Koptik dan Arab magic (Magic Angelic)

Ini adalah metode yang paling terpercaya dan umum digunakan sihir dalam sihir baik abad pertengahan dan modern. Hal ini didasarkan pada evocations membacakan doa dan terdiri dari satu set nama dan biaya dengan makna yang tidak diketahui dalam pengaturan tertentu. Mereka conjurations dibacakan sebagai orasi kepada audiens tak terlihat. Mereka percaya bahwa efek magis muncul dari jin dan bahwa mereka conjurations memaksa malaikat yang pada gilirannya memaksa jin. Banyak dari nama-nama dan metode yang diungkapkan kepada orang-orang kudus dan nabi dalam mimpi atau wahyu.

Ada tiga cara untuk memanggil rouhaniah untuk operasi magis. Mereka adalah sebagai berikut:
a) Istikhdam atau pemanfaatan adalah bentuk tertinggi dan paling menguntungkan. Ini hanya datang untuk lulus setelah periode, yang berbeda berdasarkan metode. Seringkali ini hasil di beberapa manifestasi fisik yang kuat dan melibatkan perjanjian jangka panjang.
b) Istinzal atau membawa turun; dalam hal ini terjadi respon cepat, tapi manfaat terbatas pada hal-hal yang terbatas seperti mengungkapkan pengetahuan tersembunyi atau seseorang yang memiliki menyembuhkan.
c) Istihdar atau untuk membuat ini; ini adalah yang terendah semacam itu. Ini adalah metode yang paling populer dan umum dan sering bingung dengan dua lainnya. Hal ini hanya bermanfaat untuk mengetahui hal-hal yang tersembunyi. Kehadiran atau tampilan dari rouhaniah atau jin terjadi baik selama periode seseorang bangun melalui keterikatan roh ke tubuh anak laki-laki atau di cermin selama sesi, menghasilkan gambar imajinatif muncul di cermin saat si bocah masuk ke dalam keadaan yang sama tidur (trance). Jika mengalami terjadi selama tidur, di mana jawaban terjadi di mimpi, ini disebut sebagai pembukaan.

Buku al-Madkhal (Pendahuluan) oleh Salim Ben Thabit adalah buku yang paling lengkap tentang jenis sihir dari perspektif Ibrani.
Buku al-Jawharah (Jewel ini) oleh al-Khwarizmi adalah pengenalan yang baik untuk metode Istinzal dan Istihdar.
Buku al-Eedah al-Andulsi (Andalusia Klarifikasi) adalah pengenalan yang baik untuk teknik Istikhdam.
Buku al-Ghumar untuk Khalf Ben Yosef al-Dasmasamani adalah buku yang sangat bagus pada semua tiga teknik.
Yang terbaik dari semua buku tentang subjek ini disebut al-Basateen [The Anggrek] karena mengajarkan bagaimana untuk memanggil dan meminta bantuan roh-roh manusia, jin, dan setan.

Perlu dicatat bahwa sekolah keempat adalah mirip dengan yang ketiga dalam pengabdian, doa, dan menarik bagi rouhaniat tersebut. Namun, adorations dan banding adalah untuk malaikat dan bukan planet. Mereka mengikuti dan mengawasi keberpihakan astrologi, tetapi mempertimbangkan efek astrologi untuk menjadi pobedient alami untuk pencipta Ilahi dan tidak mempertimbangkan planet-planet dalam dan dari diri mereka causers sempurna, tetapi sebaliknya, agen taat kepada Tuhan dan malaikat.

Sihir Mesir Kuno

Mesir percaya bahwa dengan Heka , pengaktifan Ka , suatu aspek dari jiwa dari kedua dewa dan manusia, (dan personifikasi ilahi sihir), mereka dapat mempengaruhi para dewa dan mendapatkan perlindungan, penyembuhan dan transformasi. Kesehatan dan keutuhan yang adalah suci untuk Heka Tidak ada kata untuk agama dalam bahasa Mesir kuno sebagai pandangan dunia fana dan agama tidak berbeda;. Demikian, Heka bukan praktik yang sekuler melainkan ajaran agama. Setiap aspek kehidupan, setiap kata, tanaman, hewan dan ritual terhubung ke kekuasaan dan otoritas para dewa.

Di Mesir kuno , sihir terdiri dari empat komponen, potensi purba yang diberdayakan pencipta-dewa diidentifikasi dengan Heka, yang didampingi oleh ritual magis dikenal sebagai Seshaw diadakan dalam teks-teks suci yang disebut Rw. Selain itu Pekhret, resep obat, diberikan kepada pasien untuk membawa bantuan. Sihir ini digunakan dalam ritual kuil serta situasi informal oleh imam. Ritual ini, bersama dengan praktek medis, membentuk sebuah terapi terpadu untuk kesehatan baik jasmani dan rohani. Sihir juga digunakan untuk perlindungan terhadap para dewa marah, cemburu hantu, setan asing dan ahli-ahli sihir yang diduga menyebabkan penyakit, kecelakaan, kemiskinan dan kemandulan. Bait imam digunakan selama ritual magis tongkat.

Magic di Yunani-Romawi
Hecate , dewi Yunani kuno sihir.

Dalam sihir Yunani kuno dipandang negatif karena asing, tapi seiring waktu pandangan sihir yang terlibat konotasi negatif (sihir jahat) dan yang positif dalam praktek agama, kedokteran, dan ramalan. [ tidak dalam kutipan diberikan ]
Yunani agama-agama misteri yang sangat magis komponen, [ kutipan diperlukan ] dan di Mesir, sejumlah besar magis papirus , di Yunani , Koptik , dan Demotik , telah ditemukan [. rujukan? ] Mereka berisi contoh awal:

penggunaan ” kata-kata ajaib “dikatakan memiliki kekuatan untuk perintah roh ; [ rujukan? ]
penggunaan tongkat dan alat-alat ritual lainnya; [ rujukan? ]
penggunaan lingkaran sihir untuk membela si penyihir melawan roh-roh yang ia menyerukan atau membangkitkan ; [ kutipan diperlukan ] dan
penggunaan misterius simbol atau sigils yang dianggap berguna ketika memanggil atau membangkitkan roh.

Praktek sihir itu dilarang di dunia Romawi, dan Codex Theodosianus menyatakan:
Jika ada penyihir atau orang karena dijiwai dengan kontaminasi magis yang disebut oleh kebiasaan orang pesulap … harus ditangkap dalam rombongan saya, atau yang dari Kaisar, ia tidak akan luput dari hukuman dan penyiksaan oleh perlindungan pangkatnya .

Sejarah Sihir – Arcadius Alaistair

Berikut ini essay tahun pertama oleh Arcadius Alaistair tahun ajaran 1973-1974
Pada tahun-tahun awal menceritakan tentang dua kelompok yang memilih dua jalan yang berbeda, yaitu penyihir dan non-penyihir yang biasa disebut dengan Muggle. Para penyihir hidup berdampingan secara harmonis dengan para Muggle selama berabad-abad. Tidak pernah terjadi suatu masalah serius diantara keduanya. Di Mesir Kuno, misalnya. Para penyihir disana dihormati oleh anggota masyarakat Muggle. Bahkan sering penyihir diangkat sebagai penasehat kerajaan oleh Sang Pharaoh. Salah satu Pharaoh yang pernah berkuasa yakni Pharaoh Ramses II sendiri adalah seorang penyihir. Dengan ilmu sihirnya yang hebat, Pharaoh tersebut berhasil memajukan kebudayaan mesir.

Tapi pada suatu waktu, kedua kelompok tersebut mulai memisahkan diri karena Muggle mencurigai penyihir menggunakan kekuatannya untuk menguasai lalui mengancurkan dunia-nya. Para penyihir disiksa dan dianiaya oleh muggle-muggle tersebut. Saat permusuhan dan peperangan makin meningkat, empat penyihir yang dianggap paling kuat dan paling bijaksana memutuskan membentuk sekolah sihir dimana mereka bisa mengajarkan dan melatih penyihir muda tentang sihir, jauh dari campur tangan Muggle. Dengan begitu, Hogwarts didirikan sebelum awal dari masa millenium.

Perang diantara dua kelompok tersebut terus bertambah parah dari tahun ke tahun. Dan sekitar tahun 1600 sampai 1700, penyihir mengambil tindakan untuk menyingkirkan Muggle dari komunitas sihir. Dimulailah masa-masa kegelapan peyihir dimana penyihir memandang rendah muggle dan mencap “mud-blood” kepada penyihir kelahiran muggle. Semenjak ini pula keberadaan penyihir makin lama makin hilang dari ingatan muggle dan hanya tinggal berupa dongeng saja. Selain keberadaan penyihir, mahluk-mahluk sihir pun ikut menghilang dari dunia muggle

Namun pada tahun-tahun terakhir, beberapa penyihir mencoba menghentikan permusuhan antara Dunia Muggle dengan Dunia Sihir dan mempersatukannya kembali. Contohnya Albus Dumbledore yang sangat menentang pemurnian penyihir. Beliau justru mencoba mengubah pandangan dunia sihir akan muggle. Perlahan-lahan dunia sihir mengalami perubahan signifikan yang makin lama makin membaik.

Sihir Gypsy

Kata Gypsy adalah berasal dari lepasan Mesir, tetapi paling baik diterapkan untuk dipahami adalah Gypsy sebagai pengembara, ras misterius, tersebar di seluruh Eropa dan bagian Asia, Afrika, dan Amerika. Sebenarnya suku Gypsy adalah orang yang tidak mempunyai rumah permanen, atau dikatakan nomaden. Tetapi jika saja kita mempermalukan mereka, maka mereka pun tidak segan-segan mengeluarkan kata-kata berbau kematian kepada kita. Sihir paling jahat: mungkin Lamia merupakan sihir paling buruk yang di gunakan orang Gypsy. Biasanya sihir ini digunakan untuk hukuman. Cara kerjanya adalah dengan mengambil sesuatu milik kita, entah kancing, pena, dll, dan mengucapkan mantra kepada benda tersebut. Lamia va lua sufletele lor, şi le pun în locul său în cazul în care sufletele nu va fi din nou reîncarnare (Lamia mengambil jiwa nya setelah beberapa hari, dan membawanya ke siksaan tak berujung). Satu hal yang perlu diingat, jangan tertipu oleh dandanan mereka.

Sihir Suku Indian

Suku India adalah historis suku, bangsa, atau kelompok lain atau komunitas masyarakat adat di amerika.
Beberapa suku Indian diakui di tingkat negara bagian dengan menggunakan prosedur yang didefinisikan oleh berbagai negara, tanpa memperhatikan pengakuan federal. Suku-suku lain yang tidak dikenal karena mereka sudah tidak ada lagi sebagai suatu kelompok yang terorganisir atau karena mereka belum menyelesaikan proses sertifikasi yang didirikan oleh badan pemerintah yang bersangkutan. Sihir paling jahat: Sihir terjahat masyarakat pedalaman Amerika ini adalah Na Munda. Ini berbeda dengan voodoo yang ada di Haiti. Biasanya suku indian melakukan sihir ini dengan memanggil arwah menggunakan badan mereka dengan nyanyian atau mantra dan tarian-tarian khusus. Sihir ini akan menyebabkan kematian tanpa bekas. Belakangan ini sihir ini juga digunakan untuk menyembuhkan dan peramalan.

Sihir Bulgarian

Bulgarian Mystery merupakan kumpulan orang dari bulgaria yang memiliki sihir tingkat tinggi jarak jauh. Sihir ini digunakan untuk perebutan wilayah pada zaman pembagian daerah di Eropa Timur. Sihir paling jahat: Sihir paling mengerikan masyarakat bulgaria adalah nyanyian. Malka Moma yang dinyanyikan dengan nada tinggi merupakan sihir yang unik dan berbeda dari suku lainnya. Tetapi, sekarang sihir ini sudah tidak ada lagi. Sekarang sudah dijadikan budaya masyarakat bulgaria dalam menyanyi, karna sihir ini termaksud sihir nyanyian yang indah.

Sejarah Perkembangan Satanisme (Pemuja Setan)

Satanisme secara singkat dapat diartikan sebagai penyembahan setan dan menjadikannya sebagai Tuhan. Gerakan sesat ini memiliki ajaran melaksanakan hal-hal yang oleh agama dianggap berdosa. Satanisme juga menerima setan, lambang kejahatan, sebagai pemimpin dan pembimbing.

Sejarah Satanisme
Kaum Satanis, yakni para pengikut ajaran satanisme, sudah ada dan melaksanakan kegiatan mereka di setiap tahap sejarah dan dalam setiap peradaban, dari Mesir kuno sampai Yunani kuno, serta sejak Abad Pertengahan sampai hari ini. Di antara abad ke-14 dan ke-16, para tukang sihir dan orang yang menolak agama sama-sama memuja setan. Setelah tahun 1880-an, di Prancis, Inggris, Jerman, dan sekaligus di berbagai negara lain di Eropa dan Amerika, Satanisme diatur dalam perkumpulan dan tersebar di kalangan orang yang mencari keyakinan dan agama lain. Penyembahan setan terus berlanjut sejak abad ke-19, mula-mula sebagai Satanisme tradisional, lalu dalam aliran sesat yang lebih kecil yang merupakan pecahannya.

Upacara kejam yang dilakukan oleh tukang sihir dan orang-orang tak bertuhan, pengorbanan anak dan orang dewasa kepada setan, perayaan Misa Hitam dan upacara Satanisme tradisional lainnya telah diwariskan diam-diam secara turun temurun.Lambang Satanisme tradisional yang terpenting adalah dewa Romawi kuno Baphomet. Pada waktu itu, Baphomet menjadi lambang bagi orang yang memuja setan. Para ahli sejarah yang menelusuri asal-usul sosok berkepala kambing ini telah menemukan beberapa petunjuk penting tentang kegiatan Satanis. Lambang Satanis terpenting kedua adalah pentagram, yaitu bintang bersegi lima di dalam lingkaran. Yang menarik, ada dua perkumpulan rahasia lainnya di samping para Satanis yang menggunakan Baphomet dan pentagram sebagai lambang.

Yang pertama adalah perkumpulan Kesatria Biara Yerusalem (Knight Templars), yaitu perkumpulan yang dituduh oleh Gereja Katolik sebagai penyembah setan, dan dibubarkan pada tahun 1311.

Perkumpulan lainnya adalah perkumpulan Mason yang telah bertahun-tahun lamanya menimbulkan rasa penasaran karena kerahasiaan dan upacaranya yang aneh.

Banyak ahli sejarah, yang telah menyelidiki masalah itu, percaya bahwa terdapat hubungan antara Kesatria Biara Yerusalem dengan perkumpulan Mason.

Menurut mereka, kedua kelompok itu saling melanjutkan satu sama lain. Sesudah Kesatria Biara Yerusalem dilarang oleh Gereja, perkumpulan itu melanjutkan keberadaannya secara rahasia dan akhirnya berubah menjadi paham Mason. Yang pasti tentang Freemasonry adalah perkumpulan ini bersifat amat rahasia, punya susunan organisasi, dengan anggota di seluruh pelosok dunia. Uraian yang diberikan para ahli seperti Leo Taxil, yang pernah menjadi seorang Mason, namun telah keluar dari perkumpulan itu, mengatakan bahwa para Mason amat menghormati Baphomet dan melangsungkan upacara yang menyerupai tata-cara penyembahan setan. Kenyataan lain yang menimbulkan kecurigaan adalah bahwa banyak pengikut Satanisme yang kemudian menjadi anggota organisasi Masonic.

Kini, para Satanis telah meninggalkan upacara dan markasnya yang rahasia itu, untuk keluar ke jalan-jalan. Para Satanis bergiat di setiap negara untuk menyebarkan ajarannya dengan gigih dalam buku-buku, terbitan berkala, dan terutama di Internet dalam usaha mereka menarik anggota. Tak peduli di negara mana pun mereka berada, para Satanis menampilkan citra yang sama. Cara berpakaian, tata cara penyembahan, kesamaan surat yang mereka tinggalkan sebelum melakukan bunuh diri dan ciri lainnya menunjukkan bahwa Satanisme bukanlah gerakan biasa yang dipenuhi para penganggur, melainkan sebuah organisasi yang sengaja bersandar pada landasan pemikiran.

Satanisme dan Materialisme

Pada dasarnya aliran Satanisme dibagi menjadi dua macam, yaitu Teistik dan Atheistik. AliranTeistik atau biasa disebut juga Satanisme Tradisional adalah suatu bentuk kepercayaan yang menganggap bahwa Setan sebagai Dewa.
Sedangkan aliran Atheistik adalah suatu aliran kepercayaan yang tidak menganggap adanya Tuhan ataupun Dewa untuk disembah, melainkan mereka menggunakan “Setan” sebagai simbol pada diri manusia, sebagai simbol keduniawian dan keserakahan atau dengan kata lain mereka dapat dikatakan menyembah diri mereka sendiri. Salah satu Aliran Satanisme Atheistik yang terkenal adalah Gereja Setan (the Church of Satan) yang didirikan oleh Anton Szandor LaVey (Anton LaVey), karena namanya aliran ini disebut dengan aliran LaVeyan. Suatu ciri kaum Satanis masa kini adalah mereka semua atheis (tidak mengakui Tuhan). Mereka juga sekaligus kaum materialis, artinya mereka hanya percaya kepada keberadaan benda belaka.

Mereka mengingkari adanya Tuhan dan semua makhluk gaib. Oleh karena itu, kaum Satanis tidak percaya kepada setan sebagai makhluk yang nyata. Meskipun disebut sebagai penyembah setan, mereka tidak mengakui adanya setan. Bagi kaum Satanis, setan hanyalah lambang yang menyatakan permusuhan mereka terhadap agama dan kekerasan hati mereka.
Dalam sebuah tulisan yang berjudul “Pengantar Setanisme” yang diterbitkan Gereja Setan, dinyatakan bahwa para Satanis sebenarnya adalah Atheis.
Satanisme adalah sebuah agama yang tak mengenal Tuhan dan menganut paham tidak ada yang perlu ditakuti selain akibat tindakan kita. Kaum Satanis tidak percaya adanya Allah, malaikat, surga atau neraka, iblis, setan, ruh jahat, ruh baik, peri, atau makhluk gaib yang jahat. Satanisme bersifat Atheis, Otodeis: kami menyembah diri kami sendiri. Satanisme adalah materialis, Satanisme adalah lawan agama. (Vexen Crabtree, “A Description of Satanisme”)
Singkatnya, ini adalah hasil filsafat kebendaan dan tak mengenal Tuhan yang telah tersebar sejak abad ke-19. Seperti filsafat ini, Satanisme menyandarkan diri pada teori yang dianggap ilmiah: Teori Evolusi Darwin.

About these ads

~ oleh sanusiz pada November 21, 2011.

Satu Tanggapan to “sejarah sihir”

  1. woow

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 74 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: