Bank gaib punden boja

Bank gaib punden boja

Bank Gaib Boja merupakan salah satu wahana pesugihan dari bnyak tempat untuk mencari pesugihan lainnya yang tersebar di tanah Jawa. Baik itu di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta serta Jawa Timur. Sebut saja misalnya wahana pesugihan Tuyul Ketos di Klaten, Jawa Tengah. Ada lagi pesugihan Sendang Balong, Magetan, Jawa Timur, serta pesugihan Tuyul Sendang Pepe di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Namun pada umumnya, tempat-tempat pesugihan selain tiga yang disebutkan di atas, tak satupun yang menghasilkan uang tuani ke hadapan para pelaku ritualnya. Bahkan, tempat seperti itu, lebih tepatnya sebagai wahana untuk mencari pelarisan. Bukan pesugihan. Kecuali pesugihan Tuyul yang harus memelihara tuyul jika ingin mendapatkan uang tunai. Tapi syaratnya tentu tidak mudah. Termasuk sarana yang harus disediakan oleh pelaku di rumah jika memelihara tuyul. Bahkan tak jarang, tuyul yang dipeliraha, tidak mau “bekerja” karena sesaji kurang atau sebab lain. Konon, tuyul memang makhluk yang senang ngambek atau mutung.

Apa yang disebut sebagai Bank Gaib Boja memang sangat berbeda dengan tempat pesugihan sesat lainnya. Di tempat ini pelaku bisa langsung mendapatkan uang tunai dalam jumlah milyaran rupiah. Tentu dengan catatan dia sukses dalam melakukan ritual.

Bank Gaib Boja persisnya berupa pepunden yang sudah sangat kuno. Jika dilihat dari fisiknya, tempat pesugihan ini hanyalah berbentuk sebuah pohon kamboja yang sudah tua. Mungkin karena itulah masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Bank Gaib Boja, atau ada juga yang menyebut sebagai Bank Gaib Punden Boja.

Secara administratif, Bank Gaib Punden Boja berada di Desa Sumber Bening, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Menurut informasi yang berhasil dihimpun Misteri, Bank Gaib Boja ini sudah banyak memiliki nasabah yang tersebar di berbagai tempat. Konon, mereka yang berhasil melakukan peminjaman uang di tempat ini bisa membawa pulang uang dalam jumlah amat besar.

“Ini bukan dongeng, Mas! Salah seorang sahabat saya sudah membuktikannya. Dia dapat pinjaman uang satu milyar lebih, dan sekarang sudah jadi juragan bakso yang kaya raya. Makanya saya dating kemari untuk mengadu nasib,” kata Sadiman, salah seorang pengunjung yang berkata tanpa ragu dan malu.

Ketika ditanya apakah dia tidak takut dengan akibatnya di kelak kemudian hari, maka jawabnya, “Saya tidak peduli, Mas! Kalau sudah mati, biarlah apapun jadinya. Yang penting saya ingin kaya. Capek jadi kere terus-terusan. Saya juga ingin membahagiakan anak dan isteri. Biarlah saya berkorban untuk mereka.”
Barangkali, memang banyak orang-orang yang berpikiran pendek dan nekad seperti Sadiman. Apalagi di tengah situasi zaman yang serba sulit seperti sekarang ini.

SYARAT DITERIMA, UANG TUNAI DIDAPAT

Menurut keterangan juru kunci Bank Gaib, untuk mendapatkan pesugihan di tempat ini, pelaku harus melakukan ritual khusus di bawah punden pohon kamboja tersebut. Adapun syarat sesaji yang harus dipenuhi oleh pelaku yakni,  minyak jafaron, kembang tiga macam atau yang lazim disebut kembang telon, kemenyan atau yosua, nasi tumpeng serta ayam panggang.

Setelah semua sesaji lengkap, dengan dipandu oleh juru kunci atau penjaga punden, pelaku dapat langsung melakukan ritual. Dan ritual ini harus dilakukan pada malam Jum’at. Akan lebih afdol, jika ritual dilakukan pada malam Jum’at yang keramat, yakni malam Jum’at Legi atau Kliwon.

“Syarat-syaratnya harus dipenuhi. Tidak boleh lebih, tidak boleh kurang. Dan akan lebih baik. Kalau kurang, pasti tidak akan ada respon dari alam sana,” tutur juru kunci, yakni seorang kakek berusia 70-an tahun yang akrab disapa Mbah Miran.

Bila semua persyaratan sudah dilengkapi, dan si pelaku sudah mantap lahir dan batin, maka Mbah Miran akan membeberkan tata cara ritualnya. Setelah prosesi ritual yang dipandu juru kunci usai, pelaku dapat langsung pulang ke rumah. Karena memang, uang tunai yang didapat oleh pelaku dari mencari pesugihan di tempat ini, tidak cair saat itu juga. Namun pelaku harus menyediakan kamar khusus dirumahnya.

“Asal sesaji yang dipersembahkan diterima oleh sang penguasa gaib, dalam kurun waktu antara 40-90 hari, maka uang tunai akan secepatnya dikirim,” tandas Mbah Miran.

Lebih lanjut dijelaskan olehnya, di Bank Gaib Punden Boja, sesungguhnya ada dua pilihan bagi pelaku yang ingin mendapatkan uang tunai. Pilihan pertama adalah dengan cara meminjam, dan yang kedua adalah dengan cara meminta. Jika meminta, biasanya maka yang didapat oleh pelaku cuma sekedarnya saja. Suatu missal, pelaku betul-betul kepepet karena ditagih utang dan harus segera membayar. Jika seperti ini dan mengatakan hanya ingin meminta pada saat ritual, maka pelaku akan diberi oleh sang penguasa gaib sebatas besarnya utang si pelaku. Konon, hal ini tanpa tumbal apapun. Yang penting, si pelaku benar-benar tengah dikejar utang.

“Kalau berbohong, jangan harap akan diberi. Malahan bisa saja dia celaka!” Tandas Mbah Miran.

Jika saat ritual pelaku mengatakan ingin mendapat pinjaman, maka akan lain lagi nilai yang diperoleh. “Pelaku tingal menyebut angka nominal yang diinginkannya,” tambah si kakek. Dia lalu menyebutkan bahwa penguasa gaib tempat itu hanya bisa memberikan pinjaman uang tak lebih dari tiga milyar rupiah jumlahnya.

“Kalau saat meminjam pelaku menyebut angka nominal lebih dari itu, maka dapat dipastikan tidak akan dipenuhi. Masalah besar pencairannya, Eyang yang mengira-ngira. Tapi yang jelas, pasti lebih satu milyar,” cerita Mbah Miran kepada Misteri.

Ketika lebih lanjut ditanyakan tentang para pencari pesugian di tempat itu yang telah sukses, juru kunci dengan blak-blakan menyebut beberapa nama. Di antaranya, Margono warga Bodak, Purwodadi, Jawa Tengah, Adji Saputro dari Jakarta serta seorang berinisial SHD yang menurut Mbah Miran, berprofesi sebagai wartawan di Jakarta.

“Itu hanya sebagian yang saya sebutkan. Yang jelas, banyak sekali yang sukses. Dan yang jelas lagi, dari yang sukses itu ada juga wartawan. Tapi jangan tersinggung lho, Mas!” Tutur juru kunci dengan nada setengah bercanda.

Masih menurut cerita Mbah Miran, walau tempat itu sering didatangi para pencari pesugihan yang menginginkan uang tunai, baik itu yang pinjam milyaran rupiah maupun yang diberi secara cuma-cuma, tapi dana yang bersedia di Bank Gaib Punden Boja, takkan habis dalam waktu dekat ini. Pasalnya, menurut Mbah Miran, di tempat tersebut, tersedia uang tunai sebanyak tiga kontainer besar.

“Hingga kini, yang dibuka baru satu kontainer. Itupun belum ada sepersepuluh dari isi container itu yang telah dipinjamkan kepada para nasabah,” tandas Mbah Miran yang mengaku bisa melihat keberadaan uang tersebut dengan kekuatan mata batinnya.

Bahkan, menurutnya lagi, di bank gaib tersebut juga ada sistem seperti juga layaknya ada sistem administrasi yang berlaku di sebuah bank di alam manusia.

“Bank gaib itu juga punya karyawan. Para karyawan itu umumnya adalah mantan pelaku pesugihan yang telah dis waktunya, dan harus mengabdi di alam gaib Punden Boja. Nah, mereka inilah yang mendata besarnya pinjaman serta kapan waktu pengembaliannya bagi para nasabah baru,” cerita Mbah Miran.

“Yang jadi karyawannya adalah mantan nasabah yang sudah meninggal. Mereka yang kemudian disuruh mendata para nasabah baru. Termasuk mencatat kapan waktu pengembaliannya. Kalau masalah pencairan, Eyang sendiri yang mengantar ke rumah nasabah.” Jelas Mbah Miran ketika Misteri mendesaknya lagi. Yang disebutnya sebagai Eyang adalah penguasa gaib tempat itu.

Seperti halnya tempat pesugihan ditempat lain, pesugihan Bank Gaib Punden Boja juga meminta tumbal nyawa. Namun menurut juru kunci, penguasa gaib tempat itu, tidak mau diberi tumbal nyawa orang lain, walau itu keluarga si pelaku. Yang diinginkan oleh sang penguasa, nyawa pelaku sendiri.

“Namun hal ini berlaku jika pelaku tak mampu mengembalikan pinjaman tepat waktu!” Tandas Mbah Miran.

Menurut perkiraan Misteri, sebenarnya ada perbedaan yang signifikan antara tumbal nyawa di tempat pesugihan lain dengan Bank Gaib Punden Boja. Jika di tempat lain biasanya pelaku akan menjadi abdi sang penguasa gaib sebelum takdirnya tiba, tapi tidak demikian di tempat ini. Menurut juru kunci, biasanya pelaku diberi kesempatan hingga usia pelaku maksimal 90 tahun untuk mengembalikan pinjaman. Dalam kurun waktu itu, jika pelaku mampu mengembalikan dengan utuh pinjamannya yang tanpa bunga, maka akan bebas. Atau dengan kata lain, pelaku takkan menjadi abdi sang penguasa gaib.

“Namun menurut kejadian yang sudah-sudah, semua pelaku tak ada yang mampu mengembalikan dengan utuh,” terang Mbah Miran lagi.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Menurutnya, walau ketika dari rumah uang yang akan dikembalikan di hitung genap sesuai besarnya pinjaman semula, tapi sesampainya di areal Bank Gaib Punden Boja, uang itu pasti sudah berkurang jumlahnya. Hemat Misteri, barangkali inilah cara para iblis yang bersemayam di sana untuk menjerat para korbannya agar menjadi hamba-hamba sesat dan menghuni alam kegelapan.

“Selama saya jadi juru kunci kurang lebih 30 tahun, tak seorangpun nasabah yang mampu mengembalikan pinjaman dengan utuh. Memang saat dihitung di rumah nilainya genap sejumlah pinjaman awal. Tapi setelah sampai di sini, jumlahnya pasti berkurang,” terangnya lagi.

Karena setelah dihitung kembali jumlahnya tidak sesuai dengan pinjaman semula, maka sang penguasa gaib tidak mau menerima pengembalikan. Walau begitu, sang penguasa gaib tidak langsung serta merta mengambil nyawa pelaku dalam waktu dekat. Karena penguasa gaib hanya mau mengambil nyawa pelaku dan dijadikan abdi jika takdir pelaku telah tiba. Maksudnya, kontrak umurnya memang sudah sampai.

“Enaknya ya…itu. Pelaku hanya diambil oleh Eyang jika takdinya sudah tiba. Kalau belum takdinya, ya dibiarkan. Tapi biasnya, para pelaku pencari pesugihan di tempat ini, umurnya justru panjang. Bahkan ada yang mencapai 90 tahun. Karena itu merupakan batas akhir yang diberikan oleh Eyang.” Papar Mbah Miran.

Cerita Mbah Miran, jika benar, barangkali memang bisa menggiurkan mereka yang punya keinginan cepat kaya tapi dengan pikiran pendek dan sesat. Sebenarnya,  dari mana saja para pelaku pencari pesugihan di tempat ini? Menurut Miran, rata-rata pelaku berasal dari luar daerah setempat. Ada yang dari Jakarta, Bandung, serta luar Jawa.

RADEN SUBAKIR – DEWI AMINI

Siapa sebenarnya sosok gaib penghuni pohon kamboja yang telah berusia kurang lebih 450 tahun itu? Menurut juru kunci, yang menjadi penguasa gaib Bank Gaib  Punden Boja adalah Raden Subakir dan isterinya yang bernama Dewi Amini.
Semasa hidupnya, mereka merupakan keturunan darah biru. Mereka juga dikenal sebagai saudagar yang kaya raya pada zamannya. Suatu ketika mereka pergi merantau ke tanah Jawa untuk berdagang. Setibanya di tanah Jawa, mereka kemudian menetap di kerajaan Pajang yang saat itu dipimpin oleh rajanya bernama Sultan Hadiwijaya alias Jaka Tingkir.
Setelah sekian lama menikmati kemakmuran kerajaan Pajang lewat kegiatan bisnisnya, di tempat mereka menetap terjadi huru-hara besar, yakni pertempuran antara Pajang melawan Mataram, yang ketika dipimpin oleh rajanya bernama Panembahan Senopati. Padahal sebelumnya, Panembahan Senopati yang mempuyai nama kecil Sutawijaya, pernah menjadi seorang abdi di Pajang. Kemudian dia mendirikan kerajaan sendiri, dan Jaka Tingkir yang telah membesarkannya. Kemudian justru di serang. Ketika masih di Pajang, Panembahan Senopati diangkat sebagai putera angkat oleh Jaka Tingkir.

Penyerangan tersebut dilakukan oleh Panembahan Senopati, semata-mata untuk memenuhi ambisi politiknya untuk memperluas wilayah kekuasaan.
Karena situasi yang kurang mendukung, kemudian Raden Subakir beserta isterinya memilih untuk mengungsi ke arah timur. Perjalanannya kali ini bersama para bangsawan Pajang yang tidak mau mengakui kekuasaan Panembahan Senopati. Salah satu pangeran dari Pajang yang menyingkir bersama keduanya yakni seorang bernama Pangeran Timur.

Konon, sesampainya di Madiun, Jawa Timur, mereka sudah tidak bersama lagi. Raden Subakir dan isterinya memilih menetap di Ngawi, sementara Pangeran Timur memilih menetap di Madiun. Bahkan, Pangeran Timur kemudian menjadi Bupati Madiun yang pertama dengan gelar Adipati Ronggo Jumeno.
Tak lama setelah menjadi bupati, Ronggo Jumeno kemudian memberontak kepada Mataram. Konon, pemberontakan Ronggo Jumeno kepada Mataram ini terjadi karena masalah suplai logistic yang tidak adil.

Sementara itu, Raden Subakir dan isterinya saat mengungsi membawa serta seluruh harta berharga yang mereka miliki. Terutama barang-barang yang terbuat dari emas. Bahkan disebut-sebut, barang yang terbuat dari emas milik keduanya, jumlahnya mencapai puluhan peti.

Tak jarang, selain menyuplai logistik untuk pasukan Ronggo Jumeno dalam perang melawan Mataram, Raden Subakir dan Dewi Amini turut serta di dalam medan pertempuran. Karena memang sebenarnya keduanya juga orang sakti. Apalagi, jarak antara Madiun-Ngawi di mana keduanya tinggal, hanya terpaut sekitar 25 Km.
Walau bisa dikatakan sebagai rekan seperjuangan, ketika meninggal, keduanya tidak mau dimakamkan di komplek pemakaman para bangsawan Madiun. Ketika wafat, keduanya dimakamkan di Ngawi.

Dikisahkan, mereka dikubur bersama harta bendanya yang melimpah itu. Makam mereka tanpa batu nisan, kecuali sebuah pohon kamboja yang tertanam di atas pusaranya. Pohon kamboja inilah yang kemudian oleh warga disebut Bank Gaib Punden Boja.
Lalu bagaimana kedua sosok yang telah dimakamkan ini kemudian membuka bank gaib? Masih menurut juru kunci, walau secara kasat mata keduanya telah meninggal, tapi pada hari-hari tertentu mereka muncul di toko-toko emas yang ada di wilayah Ngawi dan sekitarnya, termasuk Madiun, Magetan serta Ponorogo.

Kemunculan kedua sosok ini, hanya untuk menjual emas miliknya ketika masih hidup. “Menurut pengalaman saya, Raden Subakir dan isterinya telah menjual emas ke toko-toko sejak era tahun 40-an atau ketika Indonesia belum merdeka. Uang hasil penjualaan emas inilah, yang kemudian di simpan dalam tiga gedung besar seperti kontainer dan kemudian dipinjamkan kepada para nasabah dari bangsa manusia, dengan persyaratan khusus,” papar Mbah Miran dengan bersungguh-sungguh.

Kalau benar begitu, bukankah uang hasil penjualan zaman dulu sekarang sudah tidak berlaku lagi? Padahal, yang dipinjamkan ke para nasabah, tentu adalah uang yang masih harus berlaku saat ini?

“Eyang juga punya tabungan di bank bangsa manusia. Karena itu, uangnya juga mengikuti zaman yang ada!” Jawab Mbah Miran.
Melihat Misteri yang kebingungan, dia lalu menambahkan, “Namanya juga sosok gaib. Apa yang tidak mungkin bagi kita, sangat mudah bagi Eyang.”

Sayangnya, Misteri tidak memperoleh informasi bagaimana cara pinjaman dikembalikan. Kalau harus dalam bentuk uang chas, lantas dikemanakan uang tersebut?
Satu hal lagi, Mbah Miran enggan menceritakan mengapa dirinya tetap hidup miskin, padahal dia sudah puluhan tahun diangkat sebagai penghubung Bank Gaib Punden Boja. Hanya, sekali waktu dia menyela dengan nada kurang suka, “Kalau saya mau kaya, itu mudah bagi saya. Tapi, saya lebih suka hidup seperti ini.”

About these ads

~ oleh sanusiz pada April 14, 2011.

31 Tanggapan to “Bank gaib punden boja”

  1. minta info no Hp yang bisa di hubungi ke juru kunci bank ghoib mbah miran
    terimakasih….

  2. mas minta alamat lengkapnya tempat ini???

  3. mas mf mw tanya minta infonya kalau saya naik bis di terminal yogya mau ke punden boja ngawi naik apasaja supaya sampai di tujuan trimakasih

  4. mohon informasi alamat lengkap

  5. Nggak Usah Buang uang dan waktu ke sana..saya pernah mencoba dan kebetulan tempat tinggal saya dekat,,biaya ritual 450rb yang diberikan ke mbah miran,,tapi dari 1000 orang yang kesana,,kemungkinan yang berhasil hanya 1 orang…..Memang saat kita dalam posisi kalut kita seolah menemukan harapan dengan bepergian jauh menuju tempat yang menawarkan keberhasilan semu,,tapi mari kita fikir kembali,,sudah berapa kali kita lakukan seperti itu dan apa hasilnya…???? TIDAK ADA…

    • Mas lam kenal…kl boleh tau alamat lengkap punden boja dimana…katanya sampean deket…kl bgt bisa antar saya ketmpt mbah miran mas…???trims..

  6. kalau ada yang mau sama sama kesana hub 08562894998 soalnya saya cari teman kesana sekalian penunjuk jalan tq

  7. saya pernah membaca ada juga yg dari punden boja ngawi yg di sebut ki jitu dengan kotak goib yg mendatangkan uang kerumah sampai dengan milyaran rupiah….kalo boleh tau bedanya antara mbah miran dengan ki jitu apa mas…tpi menurut info yg saya baca….kata mbah miran uangnya 3 kontainer….tapi kalo ki jitu 184 kontainer mna yg benar…makasih atas infonya….

    • bedanya jelas, kalau ki jitu penipu, yg mbh miran, silahkan kalau mau ditipu ki jitu, anda serahkan mahar, pasti macem2lah permintaanya.. Akhrnya lah no.re ga aktif.. Percylh anda tdk bakal diberi alamtnya, ada sj alsnya.. Q sdh mengalami penipuan oleh ki jitu.. Ga percy silahkan kontak sy di 081901253779

  8. saya gk mau ah klo pake tumbal,ada yg gampang gk ya biar aman hidupnya

  9. emangnya sadiman aslinya orang mana? kok sampe sana

  10. gimana kalau kita ragu apa ngak berhasil
    orang pasti selalu terjepit semua faktor
    saya ingin coba

  11. Hati hati juga dengan yang Namanya Mulyono (085624224236) Dia juga makelar dan penipu ulung.. dan Komplotannya yaitu Andik (Joko) (081803590438/085746553718). Makelar bank gaib Boja.

  12. ass…
    admin..yang di poteksi dng kata sandi gimana caranya!
    cara mendapatkan kata sandinya..

  13. promosi nich, maaf sy tidak kenal dengan mas atau mbah ini…..

  14. Aku mau uang dong plissss.. no hp 087801717524 atau 087774982097

  15. ini info beneran ga sih
    bikin penasaran aja
    ko bisa uang sampai 3 – 184 kontainer,,,,,?
    kl emang bener, waaaahhh,, tu pemerintah pasti kebobolan
    sedang nyetaknya jg ga seggitu.

    pantes aja BI banyak yg korupsi, lah org dia pikir banyak uang yg ga terdaftar No registred nya…..
    hahhaha…………………

    • maaf, ini hanya katanya (gosip), soal bener tidaknya tidak tahu

    • hehe punden boja ngawi,q pnh ritual dsana 4x tp ampe skrang gk ada tuh uang dari raden subakir,temen sya dari sumatra gagal jg pdhl laptop archer ampe djual 500rb wat ritual,kalo bner2 mw kaya ,ke pesugihan waduk notopuro madiun aja,daerah pilangkenceng,jurukunci mbh samin,mantapp wes

  16. sudah stress pengin uang, tambah mumet baca artikel ini, yang bener mana???? ke pesugihan mana yang jozzzzzzzzzzz dan gak tertipu????

    • Tulisan ini sebagai pembelajaran agar kita bisa menimbang mana yang baik dan mana yang tidak. Yang Maha Kaya hanya Alloh SWT, kenapa tidak minta dan berdoa saja kepada_NYA

  17. klo ada yang mau antar saya ke bank gaib itu,tlong saya antarkan,,sya skrg lagi d kejar kejar utang..klo ada yg mau sya yg ke dpan nya.dan anda yg modalin saya..hasilnya pun kita itung2 sja.yg brhasil dlu..contact saya 089633029850

    • jangankan mencari pinjaman ghaib, menjual aset sendiri saja susah sekali, dan dimanapun gak ada yang namanya uang ghaib dan bank ghaib, yang ada kita usaha dan para pepunden akan membantu melancarkan usaha kita sehingga penghasilan melimpah dan hutang2 akan terbayar.

      jangan sampai teman2 tertipu, seperti yang pernah saya alami, sudah dalam kondisi susah dikejar-kejar hutang, harus mencari uang pinjaman untuk biaya ritual dan mahar yang besar, padahal mana ada punden menyusahkan orang yang susah???? akal – akalan manusia yang tidak punya hati dan tega mengambil kesempatan dalam kesusahan,

      berusahalah dan berikhtiar, dan jangan lupa mendekatkan kepd orang tua dan leluhur.

  18. mau tu kaya hahahahaha……………

  19. DICARI ORANG SAKTI YANG BENAR BENAR BISA MENDATANGKAN UANG DARI ALAM GHAIB, BUKAN MENIPU, KALO ADA YANG MERASA MAMPU HUBUNGI SAYA, KARNA SAYA BUTUH BANTUAN

  20. buat saudara semuanya jngn lah percaya sama orang di inter net atau jasa yg menawarkan uang gaib … itu palsu semua … klo emang kalian mau ni saya kasih nmr orang yg bisa anter kalian e tempat yg nyata . asal kalian siap n kuat mental menghadapi cobaannya .
    087822363109

  21. Sya 5 tahun silam pernah datang kepunden boja, melakukan ritual bersama seorang teman dari jakarta yg bernama ardi yg saat itu sma2 mngalami ksulitan keuangan. Kami menebus smua macam syarat dari saran kuncen, ritual kami lakukan . Tapi malang tak dpt ditolak untun belum dpt di raih. Singkat cerita kami pulang slanjtnya mlakukan ritial di rumah smpai 90 hari, hasilnya ttap nihil. Sya kecewa smntara, tapi smua sya kmbalikan kpda Tuhan Empunya Jagat. Sampai saat ini masalah sya belum tuntas, tolong bagi pembaca infokan kpada sy dimana ada tmpat yg paten untk mendapat pertoloSya 5 tahun silam pernah datang kepunden boja, melakukan ritual bersama seorang teman dari jakarta yg bernama ardi yg saat itu sma2 mngalami ksulitan keuangan. Kami menebus smua macam syarat dari saran kuncen, ritual kami lakukan . Tapi malang tak dpt ditolak untun belum dpt di raih. Singkat cerita kami pulang slanjtnya mlakukan ritial di rumah smpai 90 hari, hasilnya ttap nihil. Sya kecewa smntara, tapi smua sya kmbalikan kpda Tuhan Empunya Jagat. Sampai saat ini masalah sya belum tuntas, tolong bagi pembaca infokan kpada sy dimana ada tmpat yg paten untk mendapat pertoloSya 5 tahun silam pernah datang kepunden boja, melakukan ritual bersama seorang teman dari jakarta yg bernama ardi yg saat itu sma2 mngalami ksulitan keuangan. Kami menebus smua macam syarat dari saran kuncen, ritual kami lakukan . Tapi malang tak dpt ditolak untun belum dpt di raih. Singkat cerita kami pulang slanjtnya mlakukan ritial di rumah smpai 90 hari, hasilnya ttap nihil. Sya kecewa smntara, tapi smua sya kmbalikan kpda Tuhan Empunya Jagat. Sampai saat ini masalah sya belum tuntas, tolong bagi pembaca infokan kpada sy dimana ada tmpat yg paten untk mendapat pertoloSya 5 tahun silam pernah datang kepunden boja, melakukan ritual bersama seorang teman dari jakarta yg bernama ardi yg saat itu sma2 mngalami ksulitan keuangan. Kami menebus smua macam syarat dari saran kuncen, ritual kami lakukan . Tapi malang tak dpt ditolak untun belum dpt di raih. Singkat cerita kami pulang slanjtnya mlakukan ritial di rumah smpai 90 hari, hasilnya ttap nihil. Sya kecewa smntara, tapi smua sya kmbalikan kpda Tuhan Empunya Jagat. Sampai saat ini masalah sya belum tuntas, tolong bagi pembaca infokan kpada sy dimana ada tmpat yg paten untk mendapat pertolongan.

  22. PESUGIHAN KI GENDENG TEGUH PAMUNGKAS

    http://jalan-akhir.blogspot.com/

    1. Dana ghaib itu ada, tetapi sifatnya tidak permanen

    2. Dana ghaib tidak terkait dengan agama apapun karena sejatinya ilmu tarik dana ghaib adalah ilmu kejawen murni asli warisan leluhur, Hati-hati dengan yang mengatas namakan Agama tertentu, fakta membuktikan kenyataannya adalah Bohong Besar, jika ada orang mengaku bisa dana ghaib tapi membawa atas nama agama atau pondok pesantren sekalipun! itu perbuatan Dosa Besar! Yang parah lagi ada beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab berani mengaku Haji, Ustad, Kyai, Pendeta, Syeh, dsb. Jika mereka benar tokoh agamawan tidak bakal ngurusi dana ghaib, sudah jelas itu salah kaprah.

    3. Dana ghaib itu ada, tapi harus dil akukan dengan prosedur yang benar, dan terarah, serta ada batasnya , yaitu 2-3 kali ritual seumur hidup ( Tergantung kondisi anda , kalau anda bener bener terpuruk, maka bantuan ghoib baru akan bisa datang untuk ke 2 kalinya ) jadi tidak benar jika orang bisa minta dana ghaib sebanyak banyaknya

    4. Kenapa dukun ilmu ghaib tidak memperkaya diri sendiri?karena ada batas yang di point 3 tadi, jadi jika sudah ritual 2 atau 3 kali dan sudah berkecukupan , maka bantuan ghaib tidak akan datang lagi. Dan maksimal hanya menjalani 3 kali ritual seumur hidup. Hal ini sudah di buktikan oleh saya sendiri dan pasien saya yang sudah tidak bisa mendapatkan dana ghaib di ritual ke 3 dst. jadi anda jangan percaya jika ada orang yang mengaku bisa mencairkan dana ghaib tak terbatas tanpa melihat aturan dan logika berpikir . kalau dana ghaib bisa di ambil secara terus terusan , yang ada ilmu ini saya pakai untuk memperkaya diri sendiri!

    5. Yang terpenting adalah tetap low profile walaupun anda sudah kaya raya, ini saya beberkan karena banyak sekali anak murid saya terperosok di point ini, sudah kaya lalu sombong, foya2 dan yang sudah berkeluarga biasa kawin lagi, inilah hal hal yang akan membuat harta akan habis dengan cepat jika anda gunakan tidak pada jalan yang semestinya.

  23. saya korban penipuan eyang panji pesugihan asu ajag karanggede boyolali uangpesugihan.com
    saya sudah transfer uang 4,5 jt tapi sampai sekarang tidak ada kabar nomer hp pun tidak aktif.hati hatilah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 72 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: